Filter Air

Filter air adalah sebuah alat dengan teknologi penyaringan air yang terdiri dari beberapa komponen peralatan dengan fungsi menjernihkan air   dan mampu menyerap kotoran lebih banyak serta menghilangkan bau, warna, kuman, besi, mangan, dll.

Filter air sekarang banyak digunakan di berbagai tempat antara lain :

  • Rumah Tangga. Di rumah tangga filter air di gunakan biasanya tidak dalam kapasitas besar.  Hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja. Sebaiknya memilih filter air yang berkapasitas sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.
  • Kantor. Penggunaan dalam area kantor tergantung pada kapasitas pegawai yang ada dan proses produksi yang berjalan di dalam kantor tersebut. Semakin sedikit pegawai dan rendahnya proses produksi maka semakin rendah pula kapasitas dan penggunaan filter air. Begitu pula sebaliknya.
  • Tempat-tempat umum. Di negara-negara maju penggunaan penjernih air  sudah mengarah kepada fasilitas-fasilitas umum dalam kota. Seperti pada kolam dan taman. Filter air sudah dalam konteks langsung dapat di pakai/konsumsi oleh masyarakat luas.
  • Pada saat bencana. Pada saat bencana ini mutlak diperlukan. Seperti bencana banjir, gempa bumi, gunung meletus dan bencana lainnya. Filter air menjadi suatu barang primer terkait dengan kebutuhan dan ketersediaan air bersih yang minim. Dalam kondisi ini peralatan yang diharapkan dapat mengolah langsung dari bahan baku menjadi bahan yang langsung dapat digunakan. Seperti memproses air sungai menjadi air minum.

Beberapa media filter air/penjernih air dan fungsinya yang umum digunakan sekarang adalah :

  1. Zeolite, berfungsi untuk menjerniihkan air dan menghilangkan bau.
  2. Ferrolite / Manganese, berfungsi untuk menghilangkan kandungan besi (Fe) pada air dengan kadar tinggi dan bau besi yang menyengat, juga menghilangkan mangan (Mn2t) dan warna kuning pada air.
  3. Karbon Aktif, sangat effektif menjernihkan dan menyerap bau, rasa serta racun pada air.
  4. Silica, berfungsi untuk menjernihkan air dll.

Ragam dan jenis serta model filter air sekarang semakin banyak. Sehingga perlu ketelitian dan kejelian dalam menentukan pilihan yang tepat. Sebaiknya sebelum membeli dapat berkonsultasi kepada yang mengerti sistem kerja dan pemanfaatan filter air tersebut.