jenis media filter air

Media Filter Air

Tekhnologi filter air merupakan suatu cara ata solusi untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi kehidupan manusia. Saat ini kebutuhan air bersih untuk manusia semakin meningkat dan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sulit untuk terpenuhi mengingat tingkat pencemaran air yang begitu tinggi. bahkan di kota-kota besar dan beberapa daerah tertentu air bersih dijual dengan harga yang cukup tinggi, Oleh karena itu tekhnologi filter air saat ini mulai banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat karena dapat menjamin kebutuhan akan air bersih. Dengan mengaplikasikan filter air di rumah, tentunya mendapatkan suplai air bersih menjadi lebih mudah dan lebih efisien biaya dari pada harus membelinya.

Salah satu komponen penting di dalam filter air ini adalah Media Filter Air. ada beberapa jenis media filter air yang saat ini begitu popular dan banyak digunakan. berikut jenis media filter air tersebut :

  1. Pasir silica

Media filter air yang pertama adalah pasir silica. Pasir silica berbeda dengan pasir pada umumnya dan sangat efektif dalam menyaring air yang keruh. Selain itu pasir silica juga dapat menyaring lumpur, endapan, pasir serta partikel – partikel lainnya yang ada di dalam air.

  1. Pasir ziolite

Jenis media filter air ini memiliki fungsi yang berbeda dengan pasir silica. Meskipun sama – sama berbentuk pasir, namun pasir ziolite lebih cocok digunakan dalam bak terbuka seperti tambak maupun kolam ikan. Manfaat pasir ziolite tersebut yakni mampu menambah kadar oksigen di dalam air sehingga sangat cocok bagi pengusaha ternak ikan maupun udang

  1. Karbon aktif

Karbon aktif merupakan jenis media filter air yang paling banyak digunakan. Karbon aktif dinilai sangat efektif dalam menyaring berbagai partikel asing yang terkandung di dalam air seperti endapan, dan mampu menjernihkan serta menghilangkan bau.

  1. Manganese green sand ( MGS )

Jenis media filter iar ini sangat efektif dalam menghilangkan bau besi di dalm air serta menghilangkangkan zat besi yang mengendap sehingga air menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa jenis media filter air yang saat ini banyak digunakan. Dalam pengaplikasiaanya, bisanya perusahaan filter air akan memadukan berbagai media penyaring tersebut untuk memaksimalkan hasil filtrasi. Dengan begitu air hasi filtrasi filter air tersebut menjadi lebih jernih, bersih, sehat serta tidak berbau. Semoga sedikit ulasan tentang jenis media filter air tersebut bermanfaat bagi anda dalam memilih filter air yang tepat untuk anda gunakan dalam upaya mendapatkan air yang bersih dan sehat.

Semoga dengan adanya artikel ini, rekan rekan dapat terbantu dalam menambah wawasan untuk menjaga kesahatan, terutama dalam penggunaan air , karna air sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari hari, terutam untuk konsumsi air minum, kebutuhan untuk mandi, nyuci, dan siram tanaman.

 

Leave a Reply